Meminimalisasi Borosnya Kuota Di Android

Catatan: ini adalah postingan pertama dalam blog ini yang mana pada awalnya blog ini didirikan sekitar tahun 2010 dan lama tidak terurus bahkan yang hanya diisi dengan postingan-postingan acak. Sekarang postingan-postingan yang lama telah dihapus dan mulai saat ini akan kembali dikelola dengan postingan-postingan baru yang semoga bisa jadi manfaat untuk para pembaca. Selamat menyimak.


Kita sebagai pengguna internet terutama dalam bidang sosial media, blog, dan lain-lain. Dengan sarana kuota yang disediakan operator jaringan masing-masing walaupun sebagian telah menyediakan kuota dengan harga murah dan terjangkau tentu kita akan tetap merasa sangat keberatan jika harus sering isi ulang kuota terutama disaat kita mengalami dalam keadaan Low Budget.
Ponsel bersistem operasi Android terutama sarana banyaknya orang-orang menggunakan internet selain dari komputer, oleh sebab itu banyak orang menggunangakan internet di android untuk kepentingan sosial maupun pribadi, serta bisnis atau hiburan.

Menyikapi banyaknya masalah seorang pengguna android terutama saya, iyalah BOROSNYA PENGGUNAAN KUOTA. Sebenarnya android tidak bisa dikatakan sebagai pemakai kuota terbesar dari sistem operasi lainnya, tetapi kita sebagai pengguna'lah yang kadang sadar atau tidak disadari telah menggerogoti kuota kita sendiri, kita memaklumi dengan apa hal yang kita sadari dalam penggunaannya, tapi bagaimana dengan hal yang tidak disadari yang dapat menguras kuota kita?
Kita akan mengenali penyebab-penyebab terjadinya boros kuota tersebut, nanti dibawah postingan ini juga saya tuliskan cara meminimalisasi borosnya kuota, pantau terus sampai akhir ya.

1. Aplikasi yang berjalan dilatar belakang dapat mencuri kuota kita secara diam-diam.
Dalam sistem android tak sepenuhnya semua aplikasi yang kita jalankan lalu setelahnya kita tekan kembali/back maupun keluar/Exit akan menutup sepenuhnya aplikasi tersebut. Bahkan saat kita paksa berhenti/Force Close lewat pengaturan aplikasi, ia akan dapat tetap kembali berjalan otomatis/autostart tanpa sepengetahuan kita.
Ini adalah hal penyebab utama yang sering tanpa kita sadari. Saran, gunakan aplikasi-aplikasi yang hanya kita butuhkan saja.

2. Sinkronisasi akun otomatis pemicu borosnya kuota di android.
Bagi saya sinkronisasi otomatis tidak akan terlalu penting, namun belum tentu bagi anda terutama anda yang sering menunggu notifikasi dari email atau segala macam, sinkronisasi sangat penting agar kita dapat memantau pemberitahuan tepat waktu.
Namun jika anda juga merasa demikian tidak terlalu penting, anda dapat mematikannya. Untuk cara menonaktifkannya berbeda-beda disetiap ponsel android, umumnya adalah di statusbar atas, ada ikon panah melingkar, atau di pengaturan Akun dan Sinkronisasi.
Warning: Mematikan data latar belakang dipengaturan dapat membuat Playstore tidak dapat dijalankan, namun berguna untuk pengiritan kuota. Bisa diaktifkan saat ada perlunya saja misalkan mau download aplikasi di playstore lalu setelahnya kita nonaktifkan lagi.

3. Pembaruan aplikasi otomatis dapat menghanguskan kuota tanpa kita sadari.
Memang akan lebih bagus jika berbagai aplikasi terus di perbarui/update mungkin saja ada fitur atau perbaikan baru dalam aplikasi tersebut. Tapi bagaimana dengan aplikasi yang tidak begitu kita sukai ataupun kita lebih menyukai versi lamanya sebelum di update?
Kita dapat mematikannya di Playstore, lalu pengaturan. Disitu ada info apakah kita mengijinkan auto update secara selalu, atau hanya lewat wifi, maupun jangan diijinkan sama sekali.

Nah dari 3 cara diatas kita dapat menyimpulkan bagaimana sedikit meminimalisasinya terutama jangan menyimpan aplikasi yang tidak terlalu penting, matikan sinkronisasi bahkan data latar belakang jika benar-benar tidak membutuhkannya, dan matikan auto update.

Memantau bahkan memblokir arus internet dalam satu lingkup aplikasi.
Ini adalah cara yang lebih bagus setelah 3 cara diatas menurut saya. Namun hanya sebagian android yang menyediakan tool tersebut, jika kita tidak memilikinya maka satu-satunya jalan iyalah mendownload aplikasi pihak ketiga.

Banyak aplikasi-aplikasi yang dapat memantau atau memblokir arus internet, namun rekomandasi dari saya adalah Opera Max.


Opera Max terbukti dapat memantau bahkan memblokir arus internet dalam suaktu aplikasi, kita dapat memilih apakah hanya memblokir data yang berjalan dibelakang dalam aplikasi tersebut atau memblokir keseluruhan sehingga tidak dapat sama sekali aplikasi tersebut menggunakan data kita. Tidak hanya itu, kita juga dapat memberi penghematan data dalam suatu aplikasi (Efeknya aplikasi yang kita gunakan dengan penghemat data yaitu foto dan video agak buram) namun terbukti jauh lebih hemat dari sebelumnya.

Opera Max menggunakan Layanan VPN di ponsel kita sehingga dapat memantau keseluruhan dalam arus data.

Disini saya tidak menuliskan tutorial cara penggunaan Opera Max semoga dikesempatan lainnya itu dapat saya tuliskan. Namun sebaiknya bagi anda yang pertamakali menggunakannya, bacalah petunjuk-petunjuk yang diberi aplikasi tersebut, sangat mudah karena sudah berbahasa indonesia.

Download Opera Max:
Langsung Di Play Store.
atau
DISINI (melalui apkmirror)
atau
DISINI (melalui apkpure)
atau
DISINI (Melalui apk4fun, dapat juga melalu MediaFire, ZippyShare, SendSpace, & Rapidgator)

Sekian postingan saya semoga dapat membantu para pembaca terutama yang mengalami masalah borosnya kuota. Jika anda suka postingan ini silahkan anda bagikan di menu dibawah, follow bagi yang punya akun blogger, dan jangan lupa tinggalkan jejak dikomentar jika anda berhasil lebih hemat ataupun ada yang harus ditanyakan.

Salam

Postingan populer dari blog ini

RUMUS LIGHTROOM DARK FOREST ALA SELEBGRAM | PRESET LIGHTROOM GRATIS 2020

RUMUS / PRESET LIGHTROOM MUSIM PANAS ALA SELEBGRAM TERBARU!

PRESET / RUMUS LIGHTROOM SELEBGRAM DARK GREY GRATIS